Jumat, November 28, 2014

Artikel PLTN

PENGERTIAN PEMBANGKIT TENAGA NUKLIR
(PLTN)

A.     PENGERTIAN PLTN
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya. Prinsip kerja sebuah PLTN hampir sama dengan sebuah Pembangkilt Listrik Tenaga Uap, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin. Putaran turbin inilah yang diubah menjadi energi listrik. Perbedaannya ialah sumber panas yang digunakan untuk menghasilkan panas. Sebuah PLTN menggunakan Uranium sebagai sumber panasnya. Reaksi pembelahan (fisi) inti Uranium menghasilkan energi panas yang sangat besar.
PLTN dikategorikan berdasarkan jenis reaktor yang digunakan. Namun pada beberapa pembangkit yang memiliki beberapa unit reaktor yang terpisah memungkinkan untuk menggunakan jenis reaktor yang berbahan bakar seperti Uranium dan Plutonium.

B.    DAMPAK DARI PLTN
Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh PLTN :
1.      Limbah Radioaktif : limbah radioaktif yang dihasilkan termasuk dalam kategori limbah    khusus berbahaya
2.      Radiasi : Radiasi yang berasal dari bahan radioaktif dapat menimbulkan kontaminasi terhadap manusia dan biosfernya.
 C.    KEUNGGULAN PLTN
1.      Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca
2.      Tidak menghasilkan gas-gas berbahaya
3.      Sedikit menghasilkan limbah padat
4.      Biaya bahan bakar rendah
5.      Sangat sedikit menghasilkan sehingga dapat menhgurangi pemanasan global
 D.    KEKURANGAN PLTN
1.      Bahaya radiasi yang dapat membahayakan makhluk hidup
2.      limbah radioaktif tingkat tinggi yang dihasilkan dapat bertahan hingga ribuan tahun
3.      Resiko kecelakaan nuklir : kecelakaan nuklir terbesar adalah kecelakaan Chernobyl(yang tidak mempunyai containment building)

E.     KESIMPULAN
Sebenarnya PLTN hamper sama dengan PLTU menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin. Putaran turbin inilah yang diubah menjadi energi listrik. Perbedaannya ialah sumber panas yang digunakan untuk menghasilkan panas.
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir,adalah sumber energi alternatif yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik dimana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listri
Menurut saya PLTN itu :
PLTN adalah sumber energi alternatif yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik dimana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listri
Prinsip kerjanyapun hampeir sama dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Energi tenaga nuklir saat ini di Indonesia masih hanya sekedar teori dan perencanaan, namun untuk mereallisasikannya masih sulit karena banyak pro dan kontra, padahal jika dikelola dengan baik dan benar dapat mengatasi krisis energi yang terjadi di Indonesia.Dibanding kekuranganya menurut saya lebih banyak keuntunganya,jadi apa salahnya kita mencoba menggunakan PLTN agar kita bisa membuktikan baik atau buruk penggunaan
Sumber :

https://huderi.wordpress.com/tag/pengertian-pltn/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar